Bid’ah Bukan Dalam Urusan Dunia

25 Jun 2023  |  679x | Ditulis oleh : Kak Min
Bid’ah Bukan Dalam Urusan Dunia

Orang yang tidak faham suatu masalah memang suka asal bicara. Perlu sekali ditegaskan bahwa yang dimaksudkan dengan bid’ah yang tercela sehingga membuat amalannya tertolak adalah, bid’ah dalam agama dan bukanlah perkara baru dalam urusan dunia yang tidak ada contoh sebelumnya. Seperti naik motor, naik becak, naik sepeda, naik pesawat, naik mobil, dan sebagainya.

“dikit-dikit dibilang bid’ah, dikit-dikit bid’ah? Mau baca surat yasin tiap malam jumat dibilang bid’ah, mau dzikir 7777 kali tiap malam Rabu Pahing dibilang bid’ah, ini bid’ah, itu bid’ah, kalau begitu pergi haji pake unta aja kayak zaman Nabi, pesawat kan ga ada di zaman Nabi, itu Bid’ah pakai pesawat…”

Contoh komentar diatas adalah komentar orang yang belum mengerti hakikatnya bid’ah, padahal memahami bid’ah sama pentingnya dengan memahami sunnah, sebagaimana pentingnya memahami syirik lawan dari tauhid.

Kalau dulu kaum muslimin berangkat haji dengan mengendarai unta, kemudian terus berkembang hingga menggunakan pesawat terbang. Namun pesawat terbang yang orang gunakan untuk pergi ibadah haji saat ini, bukanlah tujuan utama dari ibadah haji.

Dan orang yang menggunakan pesawat terbang untuk pergi ibadah haji, tidak menjadikan pesawat terbang sebagai salah satu syarat dalam ibadah haji.

Pesawat terbang bisa diganti atau bahkan tidak di gunakan apabila ada sarana transportasi yang lebih baik.

Dan apakah orang yang pergi haji naik pesawat terbang itu berpikir bahwa jika dengan menggunakan pesawat terbang, ibadah hajinya akan jadi lebih mabrur?

Atau mereka meyakini kalau kendaraan yang digunakan untuk pergi ibadah haji tesebut hanya sebagai sarana transportasi.

Berbeda dengan syarat-syarat dan rukun-rukun dalam ibadah haji, tidak boleh ada yang dirubah, ditambah atau dikurangi, apalagi sampai dihilangkan.

Jadi jelas, pesawat terbang yang orang gunakan untuk pergi ibadah haji, hanyalah sarana transportasi belaka, sama halnya dengan orang yang berangkat shalat jum’at naik becak, motor, mobil atau kendaraan lainnya.

Mereka yang tidak paham mungkin rancu dengan istilah bid’ah secara bahasa. Secara bahasa bid’ah adalah segala sesuatu yang baru tanpa ada contoh sebelumnya. Jadi pesawat, HP dan laptop di zaman sekarang ini adalah bid’ah secara bahasa, bukan pengertian bid’ah dalam syariat.

Barakallahu fikum

Baca Juga:
Inilah 5 Jodoh Untuk Berzodiak Taurus Yang Paling Cocok

Inilah 5 Jodoh Untuk Berzodiak Taurus Yang Paling Cocok

Nasional      

22 Mei 2020 | 3167 Kak Min


Seseorang berkelahiran yang dilambangkan bintang berkarakter banteng terkenal dengan kepribadian setia dan sensual. Oleh karena itu, kebanyakan dari golongannya cenderung merasa kesulitan ...

Jual Emas Tanpa Surat Jogya Mudah dan Menguntungkan

Jual Emas Tanpa Surat Jogya Mudah dan Menguntungkan

Tips      

22 Nov 2022 | 571 Kak Min


Semua orang mengetahui baik yang banyak uang atau yang uangnya pas-pasan, kalau perhiasan emas adalah salah satu investasi yang sangat mudah dan menguntungkan. Disamping emas mudah untuk ...

Daging Kambing Masih Lebih Baik Dibanding Sapi dan Ayam, Ini Paparan Dokter

Daging Kambing Masih Lebih Baik Dibanding Sapi dan Ayam, Ini Paparan Dokter

Kesehatan      

26 Mei 2022 | 790 Kak Min


Daging kambing tetap lebih baik dibandingkan daging sapi maupun daging ayam, sehingga aman dikonsumsi penderita hipertensi. Fakta tentang kebaikan daging kambing itu ...

Basuki Setianugroho Penipu

Basuki Setianugroho Penipu

Nasional      

22 Des 2020 | 949 Kak Min


...

Mengenal Lebih Dekat Habib Rahman Walikota Inggris yang Sederhana

Mengenal Lebih Dekat Habib Rahman Walikota Inggris yang Sederhana

Mancanegara      

17 Jun 2021 | 1680 Kak Min


Habib Rahman namanya cukup populer dikalangan muslim Newcastle-upon-Tyne Inggris. Ia merupakan muslim pertama yang menjadi walikota Newcastle-upon-Tyne, Inggris. Dalam keseharianya Habib ...

Yuk Pahami Apa itu Rangkaian Listrik Paralel dan Seri

Yuk Pahami Apa itu Rangkaian Listrik Paralel dan Seri

Tips      

17 Des 2022 | 639 Kak Min


Tentu kamu sudah tahu bahwa dalam mata pelajaran Fisika, ada yang namanya rangkaian listrik. Berdasarkan bentuknya, rangkaian listrik tersebut digolongkan ke dalam dua bagian. Rangkaian ...